Format : Adobe Acrobat Document (.pdf)
Ukuran : 8.407 Kb
Isi : 281 Halaman
Ukuran : 8.407 Kb
Isi : 281 Halaman
Deskripsi :
Matematika adalah bahasa universal dan karenanya kemampuan matematika
siswa suatu negara sangat mudah dibandingkan dengan negara lain. Selain
itu, matematika juga dipakai sebagai alat ukur untuk menentukan kemajuan
pendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (Program for International
Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and
Science Survey) yang secara berkala mengukur dan membandingkan antara
lain kemajuan pendidikan matematika di beberapa negara.
Standar internasional semacam ini memberikan arahan dalam merumuskan
pembelajaran matematika di SMP/MTs. Hasil pembandingan antara yang
kita ajarkan selama ini dengan yang dinilai secara internasional menunjukkan
adanya perbedaan, baik terkait materi maupun kompetensi. Perbedaaan
ini menjadi dasar dalam merumuskan pembelajaran matematika dalam
Kurikulum 2013 yang disempurnakan.
Buku Siswa Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 ini ditulis
dengan berdasarkan pada materi dan kompetensi yang disesuaikan dengan
standar internasional tersebut. Terkait materi misalnya, sejak kelas VII telah
diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya,
perbandingan, geometri, dan penyajian data. Keseimbangan antara
matematika angka, matematika pola, dan bangun selalu dijaga. Kompetensi
pengetahuan bukan hanya sampai memahami secara konseptual tetapi
sampai ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan
masalah matematika. Kompetensi keterampilan berpikir juga diasah untuk
dapat memecahkan masalah yang membutuhkan pemikiran order tinggi
seperti menalar pemecahan masalah melalui permodelan, pembuktian, dan
perkiraan/pendekatan.
Setiap awal bab pada buku siswa ini disajikan kover bab. Bagian ini berisi
ilustrasi dan deskripsi singkat yang menarik berkaitan dengan materi bab
yang bersangkutan. Selain itu, di awal bab juga disajikan Kompetensi
Dasar dan Pengalaman Belajar yang akan siswa capai dalam setiap bab.
Kata-kata kunci merupakan inti dari materi. Bacalah terlebih dahulu katakata
kuncinya sebelum kalian mempelajari isi materi.
Isi materi dalam buku siswa ini berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran yang
menuntut siswa secara aktif untuk terlibat dalam pembelajaran sehingga
siswa akan mendapatkan pengalaman yang diharapkan. Pada setiap awal
pembelajaran berisi konteks atau masalah terkait dengan kegiatan. Masalah
yang disajikan ada yang diberikan beserta pemecahannya, ada yang
dilengkapi dengan petunjuk pemecahan masalah, dan ada yang dibiarkan
berupa masalah untuk dipecahkan siswa. Pada setiap Membelajarkan
mengikuti pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali
informasi, menalar, dan mengomunikasikan yang disajikan dengan ikonikon
tertentu, yaitu Ayo Kita Amati, Ayo Kita Menanya, Ayo Kita Menggali
Informasi/Sedikit Informasi/Ayo Kita Mencoba, dan Ayo Kita Berbagi. Buku
siswa ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk
mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang
dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari
dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya.
Setelah mempelajari materi pada buku siswa ini, siswa diharapkan
memahami materi yang disajikan. Oleh karena itu, konsep yang disajikan
pada buku ini disampaikan secara logis, sistematis, dan menggunakan
bahasa yang sederhana. Selain itu, buku ini juga memiliki tampilan yang
menarik sehingga siswa tidak akan merasa bosan. Peran guru sangat
penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan
ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan
kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang
bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Perhatian : Jika link download diatas bermasalah, segera beritahu kami pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.
0 Comments